~HAVE A BLESSED & WONDERFUL DAY BLOGGER~

1 Sep 2014

APOLOGETIKA

READING REPORT III
(Laporan Bacaan III)
Oleh : Yulmia Makawekes

Nama Buku :
Answering Islam The Crescent In Light Of The Cross
(Menjawab Islam,  Bulan Sabit  Didalam  Terang  Salib)

Pengarang :
Norman L.Geisler & Abdul Saleeb

Setelah membaca Buku " Answering Islam, The Crescent In Light Of The Cross" (Menjawab Islam,  Bulan Sabit  Didalam  Terang  Salib), karangan : Norman L.Geisler & Abdul Saleeb Melalui buku ini saya dapat menemukan beberapa hal penting yang sangat perlu dipahami  oleh orang kristen antara lain :

1.      A Defense of the Bible (Pembelaan/Pertahanan dari Alkitab)
Setiap orang kristen seharusnya mendasarkan seluruh pengetahuannya pada Alkitab dan bukan atas sumber-sumber lainnya.  Ketika orang percaya berkata bahwa “Yesus adalah Tuhan” seharusnya ia mengacu pada Alkitab sebagai sumber pengetahuannya. Ia tidak boleh mempercayai ketuhanan Yesus berdasarkan otoritas selain Alkitab seperti rasio, pengalaman,  alquran, atau kitab suci agama lain.

2.      A Defense of  the Deity of Christ (Pembelaan/pertahanan Ketuhanan Kristus)
Upaya untuk membuktikan doktrin kekristenan seperti Ketuhanan Yesus berdasarkan kriteria lain seperti rasio, pengalaman, dan Al qur’an pada dasarnya adalah ketidaksetiaan pada epistemologi wahyu yang diperintahkan oleh Alkitab.  Lagi pula hal ini tidak akan berhasil karena kebenaran Alkitab pada naturnya hanya dapat dipahami secara tepat dalam kerangka penafsiran Alkitab itu sendiri.  Jadi mempertahankan / membela Ketuhanan Kristus haruslah berdasarkan Alkitab bukan berdasarkan otoritas selain Alkitab seperti rasio, pengalaman,  alquran, atau kitab suci agama lain.

3.      A Defense of the Trinity (Pembelaan  terhadap Trinitas)
Pembelaan terhadap Trinitas  seharusnya berdasarkan Alkitab, bukan atas pandangan-pandangan para teolog dunia, yang terkadang menyelewengkan Alkitab. Kita tidak perlu kecewa dengan cemooh orang bahwa Allah orang kristen ada tiga atau berapapun, iman percaya kita terhadap Allah Bapa Allah Anak dan Allah Roh Kudus, adalah Alkitab itu sendiri. 

4.      A Defense of Salvation by the Cross  (Pembelaan Keselamatan di Salib)
Orang islam tidak mengakui bahwa Yesus mati di atas kayu salib, tetapi hal ini tidak menjadi pemicu degradasi iman percaya kita kepada Tuhan Yesus, karena kematian Yesus diatas kayu salib, bukan saja menyelamatkan orang kristen, tetapi menyelamatakan seluruh isi dunia. Orang Kristen seharusnya bangga bahwa Allah kita adalah penyelamat dunia, bukan hanya penyelamat orang Kristen saja. Jadi tidak ada alasan yang kuat bagi islam untuk menolak penyelamatan di kayu salib oleh Yesus Kristus.