~HAVE A BLESSED & WONDERFUL DAY BLOGGER~

19 Feb 2014

Manfaaf Buah Kacang Lendir (Okra / Lady Finger)



Have you ever roasted okra? It’s an incredibly delicious way to get okra into your diet more often. Okra is a Fuel Pull vegetable on the THM plan so it can go with any meal style. It is also very inexpensive – load up on a few frozen bags next time you are at the grocery store. We love it as an S meal side, tossed with generous butter or coconut oil, sprinkled with sea salt and black or red pepper (or include favorite seasonings of your choice) and baked at 350 until crispy. You can read more about okra’s impact on cancer here http://www.herbs-info.com/blog/scientists-find-substance-in-okra-kills-breast-cancer-cells/
Orang Eropa menyebutnya Lady Finger, orang India menyebutnya vendi, orang cina menyebutnya yeong kok tau, orang kita melayu menyebutnya Kacang lendir, ada juga yang menyebutnya Okra..apapun namanya, mari kita lihat seperti apa kacang lendir dan apa khasiatnya.
Kacang lendir yang punya nama ilmiah abelmoschus esculentus konon berasal dari ethopia, daun mudanya dapat dibuat sayuran atau menjadi makanan hewan yang baik, buahnya (yg masih muda, karena kalau yang tua udah berserat keras) seperti tampak pada gambar diatas, berkhasiat menguatkan otak dan menambah kecerdasan. Akarnya dan bijinya yang di rebus berkhasiat melancarkan buang air kecil dan menyembuhkan bengkak dan radang.
Ada pendapat yang menyebutkan rebusan ini berkhasiat membantu mempermudah persalinan ibu yang melahirkan. Untuk kecantikan, lendir pada buahnya sangat baik dijadikan pelembab kulit!! masih banyak khasiat kacang lendir yang belum disebutkan disini.
Okra atau kacang lendir di yakini berkhasiat untuk kesehatan dan beberapa penyakit diantaranya:
  • Mencuci hati
  • Menstabilkan kadar gula darah
  • Melumasi/ melicinkan usus besar
  • Mencegah dan menyembuhkan sembelit pada orang orang tua
  • Membantu pertumbuhan bakteri baik dalam saluran usus
  • Baik di konsumsi untuk mengurangi perasaan murung, sedih, letih dan rasa tidak nyaman
  • Merawat ulcer dan mengurangkan kekejangan di persendian
  • Menetralkan asam lambung
  • Meringankan radang paru paru, sakit kerongkongan dan ambien
Kalau di buat sayuran bisa di rebus secukupnya atau di tumis, rasanya gurih dan enak.

Buah okra ampuh turunkan kadar gula darah
Berdasar penggunaan beberapa penderita dan juga berdasar riset ilmiah yang sudah dilakukan, buah okra bisa menurunkan kadar gula darah. Mau bukti?
Datang ke negeri jiran, Singapura, Sandra Riswati-bukan nama sebenarnya-bermaksud untuk menjalani operasi usus buntu. Namun, sebelum operasi pasien menjalani pemeriksaan kondisi seluruh tubuh. Ketika itulah dokter mengungkap kadar gula darahnya tinggi, hingga 180 mg/dl. Menurut dr Reno Gustaviani Rustam, SpPD di Departemen Ilmu Penyakit Dalam, Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia, kadar gula darah berkisar 140-199 mg/dl berada pada toleransi glukosa terganggu (TGT).
Toleransi glukosa terganggu merupakan tahapan menuju diabetes mellitus. Setelah 5-10 tahun kemudian, sepertiga kelompok TGT akan berkembang menjadi diabetes. Seseorang menderita diabetes jika kadar gula dalam keadaan puasa lebih dari 126 mg/dl, atau kadar gula darah sewaktu-waktu diperiksa lebih dari 200 mg/dl. Penderita TGT berkaitan dengan resistensi insulin. Ia beresiko menderita aterosklerosis lebih tinggi dibanding kelompok normal.