~HAVE A BLESSED & WONDERFUL DAY BLOGGER~

10 Jul 2015

MANFAAT BAWANG PUTIH


klinikwanita.com Bukan hanya membuat masakan menjadi lezat tetapi ternyata dibalik itu bawang putih juga mengandung banyak zat yang berkhasiat dahsyat. Di seluruh dunia terdapat lebih dari 300 jenis bawang putih. Bawang putih sendiri sudah digunakan sebagai bumbu masakan selama lebih dari 6000 tahun. Berasal dari Asia Tengah dan telah digunakan sebagai bumbu masakan di Mediterania, Asia, Afrika dan Eropa. Sejauh ini, bawang putih telah diteliti kegunaannya sehingga bukan hanya sebagai bumbu masakan tetapi lebih dari itu, bawang putih berkhasiat anti penggumpalan darah, penurunan lemak, pembasmi tumor dan antimikroba. Keluarga saya juga rutin mengonsumsi bawang putih, terutama bawang putih tunggal (biasanya disebut bawang putih laki) tetapi yang kami konsumsi adalah bawang putih mentah langsung. Setelah dikupas, langsung saja dicampur bersama makanan saat kita makan.Meski pada awalnya rasa bawang putih begitu menyengat, tetapi lama kelamaan akan biasa. Khasiat langsung yang kami rasakan, jarang terserang sakit. Jadi bawang putih cukup membantu daya tahan tubuh. Sekarang di apotik juga tersedia bawang putih dalam bentuk kapsul dan acar, sehingga bagi yang tidak suka rasa bawang putih yang menyengat bisa ikut mengonsumsinya.

Manfaat Bawang Putih :
1. Mencegah penggumpalan darah
Banyak serangan jantung atau stroke yang terjadi akibat gumpalan darah menyumbat arteri yang sudah tersumbat sebagian. Dalam beberapa studi melalu tabung percobaan, orang yang diberi suplemen bawang putih secara rutin butuh waktu yang lebih lama bagi sel – sel darahnya untuk menggumpal bersama.
2. Menurunkan kolesterol
Bawang putih menurunkan kadar total kolesterol, trigliserida, kadar LDL, dan meningkatkan kadar kolesterol baik HDL. Kebanyakan penelitian yang dilakukan, bawang putih mempunyai khasiat positif pada kadar kolesterol.
3. Mencegah kanker
Hipocrates menggunakan uap bawang putih untuk mengobati kanker leher rahim. Saat ini terdapat banyak studi pada konsumsi bawang putih dan penurunan resiko kanker.
4. Mencegah infeksi
Selama Perang Dunia I, bawang putih digunakan untuk mengobati typhus dan disentri dan juga untuk membersihkan luka – luka. Bawang putih memang memiliki senyawa – senyawa antimikroba, sehingga menghambat aksi dari enzim tertentu yang membantu mikroba infeksius bertahan hidup dalam jaringan – jaringan tubuh.
Melihat manfaat bawang putih yang sangat berguna bagi kesehatan kita, kenapa kita tidak mulai mengonsumsi bawang putih sejak sekarang saja ? Sering-sering lah menggunakan bawang putih dalam bumbu masakan, salad, sayuran tumis dan sebagainya. Bisa juga dipergunakan sebagai acar atau campuran saat kita makan. Bukankah mencegah lebih baik daripada mengobati ?
Semoga Bermanfaat - Salam Sehat Harmonis