~HAVE A BLESSED & WONDERFUL DAY BLOGGER~

19 Feb 2014

Rosemary Kills of Cervical Cancer


Add dried rosemary to your beef burgers (or any meat burgers) to combat carcinogens (cancer causing agents) and because it gives the burgers an even more fabulous taste. Tip from Pearl for using Rosemary from page 340 of Trim Healthy Mama:
“I try to add rosemary whenever I prepare charred or browned meat. Rosemary is a potent antioxidant. It combats the carcinogens (HCA’s) that are formed when meat is browned or gets charred and crusty. It’s a great idea to add rosemary any time you are trying to get a good crisp on meat but especially important when char grilling.”
Trim Healthy Mama


Selama ini masyarakat hanya mengenal tanaman rosemary (Rosemarynus officinalis) sebagai tanaman hias saja dimana tanaman yang warna bunganya berwarna ungu ini digunakan sebagai penghias ruangan. Tanaman rosemary bisa bertahan hidup dalam kondisi yang kering sehingga pada saat tanah tergenang, maka rosemary akan mudah terserang hama dan mati.
Rosemary yang tergolong dalam kelas Magnoliopsida family Lamiaceae ini telah diteliti dan dikembangkan oleh beberapa ahli. Berdasarkan hasil penelitian tersebut diketahui bahwa kandungan daun rosemary mengandung chineol 30%, 1- 25% minyak atsiri, borneol 16-20%, therein 1,8%, champor 15-255, bornyl asetat 7% dan minyak esensial.
Daun rosemary kaya akan zat besi yang bisa mengatasi masalah anemia dan kelelahan. Bukan hanya itu karena rosemary mengandung carsonic yang bisa melindungi otak dari serangan radikal bebas.
Berdasarkan hasil studi yang dipublikasikan oleh Journal Of Neurokimia, kandungan tersebut bisa menurunkan risiko stroke dan kondisi neurodegeneratif seperti Alzheimer.
Sepintas bunga rosemary  ini terlihat mirip seperti anak cemara, namun jika diteliti dengan lebih cermat maka tanaman yang memiliki aroma khas seperti bau minyak kayu putih ini tidak lain adalah bunga rosemary.
Selain memiliki bentuk tanaman yang menarik dan banyak manfaat, bunga rosemary juga memiliki prospek yang cerah dan nilai jual yang tinggi.

Manfaat Rosemary
Rosemary memiliki banyak manfaat misalnya berfungsi sebagai tanaman pengusir nyamuk dimana aroma yang khas yang dikeluarkan dari tanaman ini bisa mengusir nyamuk.
Bunga rosemary juga bisa berfungsi sebagai aromaterapi dimana terdapat 3 macam kemotipe bunga rosemary yang bisa digunakan sebagai aromaterapi yaitu, Rosemary officinalis ct Champor, Rosemary officinalis ct. Cineole dan Rosemary officinalis ct Verbenon.
Bunga rosemary mengandung mukolitik yaitu sejenis zat yang memudahkan dalam mencairkan dahak dan apabila dahak sudah diencerkan akan lebih mudah dikeluarkan sehingga pernapasan akan menjadi lancar.
Daun rosemary bisa digunakan sebagai penstimulus peredaran darah dimana kandungan minyak artsiri dari daun rosemary bermanfaat untuk menenangkan ketegangan syaraf.
Dalam bidang kecantikan, rosemary juga bisa dijadikan sebagai penguat rambut yang dikombinasikan dengan shampoo.
Tidak sebagai bahan obat dan kosmetik, rosemary juga menjadi musuh alami bagi serangga, lalat, ulat, dan kumbang jika ditanam secara tumpangsari.
Hama-hama tersebut bisa mati terbunuh karena aroma yang dikeluarkan oleh rosemary.
Namun ada juga efek samping yang perlu diketahui bahwa pada penggunaan yang berlebihan akan mengakibatkan iritasi kulit dan kram perut pada masa haid.